Kamis, Oktober 08, 2009

Aku Lupa!!




Lebaran udah lewat... eh,, ternyata q lupa lom minta maaf kepada para Blogger mania.
"Ngapunten ingkang Kathah Nggeeehh..... Lahir lan bathin"!!!

Lebaran kali ini emang terasa spesial bagi siapapun, terutama bagiku sendiri. Taon ini lebaran di Indonesia sebagian besar udah barengan, terutama antara dua kubu ormas besar Islam NU dan Muhammadiyah. Yang mana diantara keduanya terjadi perbedaan metode penentuan tanggal 1 Syawal alias lebaran.

Jika Muhammadiyah lebih menekankan pada hisab saja ato artinya ketika berdasarkan perhitungan hisab (ada metodenya ding!!) tinggi hilal sudah memungkinkan untuk diru'yah (diliaht gampangnya), maka secara otomatis hari itu sudah dipastikan dilaksanakan sholat ied. Meski pada kenyataannya hilal tidak dapat diru'yah karena tertutup mendung ato hal-hal lain.

Berbeda dengan ormas NU yang kayaknya lebih berhati-hati dalam menentukan 1 Syawal, karena menurut mereka berdasarkan hadits nabi Muhammad; "Shumu wa afthiru liru'yakum" (Berpuasalah dan berlebaranlah dengan melakukan ru'yahmu), maka warga NU setelah mengadakan perhitungan falak/hisab yang sudah menyatakan bahwa bulan sudah kemungkinan nampak/ Imkanur Ru'yah (di atas 2 derajat), mereka harus memastikan syarat yang kedua yakni Ru'yah. Jika menurut perhitungan memungkinkan nampak tetapi pada kenyataannya di semua wilayah Indonesia hilal tidak dapat diliat, yaaa...... Gagal deh Qt berlebaran. Getoh!!!

Ya untungnya kemarin ada 2 wilayah yang bisa melihat hilal (Masjid jami' Semarang dan Sukabumi), kalo g... yaaa gitu deh Puasa Lagi!!


Hal yang patut disyukuri dan menjadi sebuah anugrah dari Allah pada lebaran kemarin adalah tewasnya gembong teroris nomor wachid Noordin M. Top.e Wuihh.... Senengnya minta ampun!!! itu adalah berkah lebaran yang menggembirakan bagi semua warga negara Indonesia (Kecuali yang jadi teroris tentunya!!!)..


Mari Qt ucapkan bersama: AL HAMDULILLAHHHHHHHHHHHHH................
makNyuSS puOOlllLL...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar